Selasa, 05 Februari 2013

Sedapnya Selasih

Girls, biji selasih biasanya kita temukan dalam campuran es buah. Bentuknya kecil-kecil hitam dan saat diminum hmm...segaaar. Tapi, dari manakah biji selasih itu berasal?  

Ternyata, biji selasih itu berasal dari biji tanaman kemangi (jenis tanaman selasih). Bahasa latinnya Ocimum basilicum. Selasih termasuk tanaman semak tahunan, berbau wangi, bercabang banyak, dengan tinggi tanaman sekitar 50 - 80 cm. Bunganya berwarna putih atau lembayung. Bijinya keras dan berwarna cokelat tua. Bila dimasukkan ke dalam air, biji selasih akan mengembang seperti selai. Biji selasih sama sekali tidak beraroma wangi seperti daun kemangi. Biasanya, biji selasih yang sudah diolah ini digunakan sebagai campuran es buah. Sedangkan daunnya (daun kemangi) dimanfaatkan sebagai salah satu daun lalapan yang terkenal sedap.  

Tanaman kemangi yang termasuk keluarga Lamiaceae (golongan mint) ini berasal dari India. Kemangi biasanya tumbuh di tempat yang lembab dan teduh. Dulu, tanaman itu tumbuh liar di tepi jalan, kebun, maupun lahan kosong.  Namun, sekarang banyak orang sengaja menanamnya di kebun atau pekarangan rumah.    

Konon, tanaman kemangi ini dikenal sebagai tanaman kerajaan di Prancis dan Italia. Bunga dari tanaman ini pun dipilih untuk menyatakan cinta kepada seseorang. Sedangkan di India, tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang dianggap sakral atau suci dan digunakan untuk upacara-upacara keagamaan.    
    
Baik untuk kesehatan 
 
Yang khas dari biji selasih adalah bentuknya yang menyerupai telur katak, yaitu bintik-bintik hitam dan berlendir. Selain menyejukkan dan menyegarkan, ternyata biji selasih juga berkhasiat untuk menenangkan, sehingga sangat baik untuk mengurangi rasa gelisah, stres, cemas, dan susah tidur. Manfaat lainnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan panas dalam.     
 
Teks: Tina/GIRLS. Foto: Nendra/GIRLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar