Kamis, 28 Februari 2013

Mitos Tentang Rambut

Bagi cewek, rambut adalah mahkota kecantikan, sehingga kita jadi begitu peduli dengan perawatan dan model rambut kita. Dan karena kita sangat peduli, kita pun cenderung jadi mudah percaya pada berbagai anggapan atau mitos seputar rambut. Misalnya, mitos-mitos berikut ini.
 
1. Rambut harus dikeramas setiap hari!
 
Ada anggapan bahwa keramas setiap hari dapat membuat rambut kita lebih bersih dan lebih wangi. Faktanya, keramas setiap hari justru dapat mengurangi kelembaban alami rambut, sehingga rambut kita pun menjadi kering dan rapuh.

Keramas setiap hari boleh-boleh saja bagi mereka yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan. Sebab, aktivitas di luar ruangan membuat rambut mudah kotor terkena debu dan polusi udara. Itu pun sebaiknya dengan sampo yang terbuat dari bahan-bahan lembut dan mengandung conditioner yang cukup.

2. Rambut panjang lebih indah daripada rambut pendek!
 
Apakah kita takut memotong rambut karena mitos tersebut? Ah, kalau kita tidak terlalu suka dengan model rambut kita, ya kita abaikan saja anggapan atau mitos tersebut. Sebab, mengubah model rambut merupakan salah satu cara kita untuk mengekspresikan diri. Lagi pula, rambut kita kan, bisa panjang lagi.

3. Rambut lurus lebih disukai daripada rambut keriting!
 
Hmm…nggak juga, tuh! Banyak lho, artis terkenal yang bangga dengan rambut keritingnya. Lihat saja Vanessa Hudgens, Mary Kate, Ashley Olsen, dan Corbin Blue si super kriwil.

Hanya saja, orang kadang lebih menyukai rambut orang lain. Si rambut lurus, misalnya, ingin memiliki rambut keriting, begitu pula sebaliknya. Jadi, sekeriting dan selurus apa pun rambut kita, pede aja lagi!

4. Sering menyisir, bagus untuk rambut!
 
Menyisir memang dapat membuat rambut terlihat rapi. Selain itu, menyisir juga dapat membantu mendistribusikan minyak ke seluruh rambut. Namun, terlalu sering menyisir juga kurang baik, karena dapat meningkatkan resiko rambut mudah patah. Sebab, dengan sering menyisir, rambut akan mendapat terlalu banyak gesekan yang tidak perlu.

Teks: Nika/GIRLS. Ilustrasi: Bondhan/GIRLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar