Jumat, 08 Februari 2013

Penyakit dari Kucing

Pernah mendengar penyakit toksoplasma, yang konon bersumber dari kucing? Bagaimana cara mencegah agar penyayang kucing tidak terkena toksoplasma? Apakah gigitan dan cakaran kucing juga bisa menyebabkan toksoplasma? 

Toksoplasma adalah kuman yang dapat ditularkan melalui kotoran (feses ) kucing. Bila kotoran kucing mengandung kuman ini, dan kemudian secara tidak sengaja termakan, tentu dapat menyebabkan infeksi toksoplasma. Penularannya dapat melalui makanan yang tercemar kuman ini. Atau, bisa juga karena tidak mencuci tangan setelah memegang-megang tanah yang ada kotoran kucingnya, sehingga kuman tersebut dapat masuk ke dalam mulut dan perut kita (termakan).  Gigi dan cakar kucing juga mengandung banyak kuman, sehingga bila kita tergigit atau tercakar olehnya, dapat menimbulkan infeksi.
Oleh karena itu, berhati-hatilah jika bermain dengan hewan peliharaan, dan segeralah mengobati luka bekas cakar atau gigitan kucing itu. Kucing memang lucu dan menggemaskan, namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya.  Sesekali perlu juga dimandikan.

Teks: Majalah GIRLS. Ilustrasi: Yul C/GIRLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar