Jumat, 01 Februari 2013

Asal Usul Baju Modis

Girls, beberapa baju modis yang sering kita pakai untuk bergaya, ternyata ada asal usul atau sejarahnya. Inilah beberapa di antaranya! 
 
Tank Top 
 
Di Amerika Serikat, kaus tanpa lengan (sleevesless shirt ) ini sering disebut sebagai tank top. Sedangkan di Australia disebut singlet. Bahkan, di Inggris, tank top kadang juga disebut sebagai vest. Awalnya, tank top adalah pakaian yang dipakai oleh atlet olahraga (biasanya pelari atau atlet sepeda). Namun, pakaian ini kemudian berkembang menjadi baju casual .  Tank top mulai populer sebagai pakaian warm-weather casual   (baju musim panas) di Amerika Serikat sejak tahun 1980-an. Maklum, modelnya memang nyaman dipakai saat udara sedang panas.

Bolero
 
Bolero adalah jenis baju seperti jaket yang tidak berkancing, dan hanya menutup bagian atas tubuh kita hingga di atas pinggang. Sebetulnya, dulu bolero adalah pakaian yang digunakan oleh para pemain matador dari Spanyol. Namun, lama-lama bolero diadaptasi menjadi pakaian perempuan.  Bolero bisa berlengan panjang atau pendek, dan biasanya dipakai  dengan tank top atau kaus di dalamnya. Oh ya, bolero juga ada yang terbuat dari bahan rajutan, yang kemudian dikenal dengan sebutan shrug. Berbeda dengan bolero yang  biasanya terkesan  formal, shrug terkesan lebih casual .

Cardigan
 
Jenis baju yang satu ini terbuat dari bahan rajutan dengan kancing-kancing di bagian depan, dan panjangnya sampai ke pinggul. Baju ini dikenal dengan nama cardigan sejak tahun 1800-an.
Adalah seorang komandan militer Inggris, bernama James Thomas Brudenell, yang pertama kali menyebut jenis baju ini dengan nama cardigan, sesuai dengan gelarnya, 7th Earl of Cardigan. Cardigan mulai populer pada abad ke-17 di kalangan para nelayan Prancis dan Inggris. Baju ini sangat berguna untuk melindungi tubuh mereka dari udara laut yang dingin. Baju yang biasanya dibuat dari bahan wool atau cotton ini pun berkembang menjadi pakaian untuk cewek. Namun demikian, cardigan untuk cowok  tetap ada, yang dikenal dengan nama mandigan (man cardigan ).

Jaket
 
Jaket adalah jenis baju berlengan panjang, yang fungsi awalnya untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin. Jaket sudah dikenal sejak pertengahan abad 19. Berbeda dengan mantel (coat ) yang memiliki panjang hingga lutut kaki,  jaket hanya menutupi tubuh hingga batas pinggang. Istilah jaket sendiri berasal dari bahasa Prancis, yaitu jaquette , yang berarti mantel untuk pagi hari. Sekarang ini  banyak sekali jaket yang fashionable . Jadi, jaket pun tidak lagi hanya untuk pelindung tubuh dari udara dingin, melainkan juga untuk bergaya.

Teks: Wulan/GIRLS. Ilustrasi:  Aminudin/GIRLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar