Rabu, 20 Februari 2013

Ketika Jerawat dan Komedo Muncul

Masalah yang satu ini memang pasti akan dialami cewek seusiamu yang mulai beranjak remaja. Nah, ketika wajahmu mulai ditumbuhi jerawat atau komedo, jangan langsung panik, ya! Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mencegahnya  agar tak bertambah parah.
 
Penyebab jerawat untuk cewek seusiamu ada bermacam-macam, ada yang karena hormonal (sedang masa puber), keturunan (ada di antara anggota keluarga yang juga berjerawat), dan suasana psikologis atau kejiwaan seseorang (kalau sedang kesal atau sebal, jumlah jerawat bisa banyak).

Yang harus diingat, jangan pernah berusaha untuk menghilangkan sendiri jerawat itu. Misalnya, dengan cara memencet jerawat yang tumbuh. Sebab, hal itu malah bisa menimbulkan infeksi. Penyembuhannya nanti juga kurang baik, jaringan parut malah timbul di bekas jerawatmu.

Nah, lebih baik kamu cari dokter spesialis kulit terdekat saja untuk mengobatinya. Nanti, kamu akan diberi obat untuk diminum atau dioleskan pada kulit wajah yang berjerawat.

Satu hal yang harus diingat, mengobati jerawat tidak bisa secepat kilat, kamu harus sabar. Sebab untuk menyembuhkannya membutuhkan waktu yang cukup panjang, kamu juga mesti disiplin ketika mengobatinya.

Teks : Majalah GIRLS. Ilustrasi : Yul C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar