Rabu, 24 Oktober 2012

Sehat dan Cantik dengan Madu

Girls, kita tentu sudah tahu madu. Cairan kental manis yang dihasilkan lebah ini dikenal kaya akan manfaat. Nah, inilah antara lain manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan!
 
Manfaat madu untuk kesehatan
 
Mencegah penyakit
Kandungan vitamin C, flavonoid, dan alkaloid pada madu bermanfaat untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker dan jantung.

Sumber energi 
Madu juga kaya akan kandungan fruktosa dan glukosa, sehingga satu sendok teh madu yang diminum setiap hari dapat membuat tubuh kita tetap fit dan bugar, meskipun melakukan banyak aktivitas.

Mempercepat penyembuhan luka
Madu juga mengandung zat antiseptik, yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Dengan mengoleskan madu pada luka yang terbuka, misalnya karena jatuh, akan membuat luka tersebut cepat kering dan sembuh.

Manfaat madu untuk kecantikan
 
Membuat bibir selalu lembab dan indah
Madu dapat melembabkan serta mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Dengan rajin mengoleskan madu pada bibir kita setiap malam sebelum tidur, akan membuat bibir kita selalu lembab, segar, dan tetap indah.

Membuat kulit wajah selalu segar
Madu juga dapat kita gunakan untuk melembabkan wajah. Caranya, campurkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan susu segar. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada wajah dan leher kita. Diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan sabun hingga bersih. Bila hal ini dilakukan secara rutin setiap 2 atau 3 hari sekali, kulit wajah kita akan tampak segar dan tidak kering.

Membuat rambut indah berkilau
Ingin memiliki rambut indah berkilau? Gampang! Campurkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan perasan jeruk nipis dan sedikit air hangat. Lalu, cuci rambut kita dengan shampo seperti biasa, kemudian tuangkan campuran madu dan perasan jeruk nipis tersebut pada rambut kita. Pijat pelan-pelan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dan shampo hingga bersih, lalu keringkan dengan handuk. Lakukan hal ini setiap seminggu sekali.

Teks : Tina/GIRLS   Foto : Nendra/GIRLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar