Selasa, 27 November 2012

Tetap Sehat & Segar di Musim Hujan

Siapa pun tentu tidak ingin sakit. Apalagi di saat musim hujan seperti ini, kita akan mudah terserang penyakit. Namun, tidak semua orang menyadari pentingnya menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Padahal, bila daya tahan tubuh kita menurun atau berkurang, penyakit pun mudah menyerang, lho. 
 
Daya tahan tubuh merupakan upaya pertahanan tubuh kita dalam menangkal masuknya sumber penyakit. Jika daya tahan tubuh kita kuat, kita pun akan sehat karena tubuh mampu menangkal sumber penyakit yang masuk. Sebaliknya, jika daya tahan tubuh kita lemah atau berkurang, segala sumber penyakit, seperti kuman, bakteri, dan virus akan mudah masuk dan menyerang tubuh kita, sehingga kita pun jadi sakit. Batuk, pilek, radang tenggorokan, adalah contoh penyakit yang paling sering menyerang saat daya tahan tubuh kita berkurang atau sedang menurun.
Wah, kalau tubuh kita sering sakit, jelas konsentrasi belajar dan aktivitas kita akan terganggu. Akibatnya, prestasi belajar bakal menurun dan penampilan kita pun jadi kurang segar, karena tubuh lesu, lemah, pucat, kurang bergairah, dan kurang ceria.
Tetap Sehat dan Segar di Musim Hujan
Lalu, apa yang menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun? Ada banyak sebab, di antaranya adalah kelelahan, kurang istirahat, kurang berolahraga, kurang mengonsumsi makanan bergizi, kurang vitamin, stres, serta polusi udara.

Cara menjaga daya tahan tubuh
 
Ada banyak cara untuk menjaga agar daya tahan tubuh kita tetap kuat, di antaranya adalah makan teratur dengan menu bergizi, cukup istirahat, rajin berolahraga, banyak minum air putih, dan memenuhi kebutuhan vitamin, terutama vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Vitamin bisa diperoleh dari makanan, sayuran, dan buah-buahan. Bila dirasakan masih kurang, kita bisa menambahnya dengan mengonsumsi suplemen multivitamin. Biasanya, suplemen ini mengandung vitamin yang lengkap, seperti vitamin A, B1, B2, B5, B6, B12, C, serta E.
Selain itu, jangan lupa membawa jaket atau baju hangat supaya badan kita tetap hangat. Dengan tercukupinya kebutuhan akan vitamin, niscaya daya tahan tubuh akan terjaga dan kita pun akan tetap sehat serta segar sepanjang hari meskipun di saat musim hujan.
Teks: Tina/GIRLS. Foto: Nendra/GIRLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar