Rabu, 28 November 2012

Manfaat Susu Bagi Tubuh

Girls, bila kita ingin tetap sehat, bugar, dan memiliki wajah segar bersinar, maka minum susu menjadi keharusan. Sebab, susu mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Mau tahu, apa saja manfaatnya?
 
Susu mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat atau gula, lemak, vitamin, mineral, serta air. Oleh karena itu, susu dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki nutrisi paling lengkap. Bila kebutuhan nutrisi pada tubuh kita tercukupi, kita pun akan tumbuh sehat dan cerdas.

Susu juga dikenal sebagai sumber kalsium yang cukup tinggi. Kalsium berguna untuk membentuk dan menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) pada saat kita dewasa nanti, serta membantu proses pembekuan darah. Oleh karena itu, minum susu minimal segelas setiap hari  sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh kita. Kalau kita tidak ingin bungkuk ketika dewasa nanti karena kurang kalsium, sekaranglah saatnya kita minum susu.

Kandungan magnesium dalam susu berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, serta membantu fungsi organ vital tubuh, seperti detak jantung.

Susu juga mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin A dan D. Dengan kandungan vitamin A dan D, maka minum susu secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata dan tulang kita.

Susu mengandung laktosa. Laktosa adalah gula yang ada dalam susu, yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Gula ini tidak terdapat pada bahan makanan lainnya. Selain memberi rasa manis, laktosa juga berguna sebagai sumber tenaga yang kita butuhkan agar dapat melakukan berbagai aktivitas dengan kuat dan bugar. Bila tubuh kita bugar, belajar pun jadi lancar.

Susu hangat yang kita minum sebelum tidur, juga dapat membuat tubuh kita jadi rileks dan nyaman. Susu hangat dapat memperlambat proses metabolisme tubuh, sehingga dapat memunculkan rasa kantuk dan kita pun akan mudah tidur nyenyak. Kalau kita tidur nyenyak, kita pun akan bangun dengan segar dan tampil dengan wajah bersinar.

Teks : Tina/GIRLS.  Ilustrasi: Adam/GIRLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar