Selasa, 09 April 2013

Tanda-Tanda Menstruasi Pertama

Usia kita saat ini merupakan usia-usia memasuki masa pubertas. Perubahan yang paling terasa adalah mengalami menstruasi. Seperti apa tanda-tandanya, ya?
 
Usia mulai mengalami masa pubertas untuk seorang anak perempuan adalah 8 tahun. Pada masa itu, tubuh kita mengalami perubahan,  termasuk perubahan hormon. Hal itu menyebabkan terjadinya perubahan yang cepat pada diri kita di usia selanjutnya. Misalnya, berat dan tinggi badan, serta timbulnya ciri-ciri "kewanitaan" . Jika kita perhatikan bagian payudara, pasti bentuknya sudah kelihatan lebih berisi.  Wajah kita juga mulai 'dihiasi' jerawat. Di daerah ketiak dan kewanitaan pasti mulai ditumbuhi bulu.

Tak usah khawatir, karena semua ini adalah proses yang normal. Selanjutnya, pada seorang anak perempuan yang usianya 12 - 13 tahun, biasanya sudah mulai mengalami menstruasi yang pertama. Saat masa pubertas dan menstruasi ini, sebaiknya kita sudah mulai peduli dengan kebersihan badan. Sebab, perubahan lain yang kita rasakan adalah “bau badan” kita yang menyengat. Masalah bau badan memang wajar dialami di usia kita. kita jadi harus lebih rajin mengelap keringat dan memastikan memakai deodorant. Jangan lupa makan buah-buahan yang membantu mengurangi bau badan menyengat.

Teks : majalah GIRLS. Ilustrasi : Yul C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar