Minggu, 05 Juli 2015

Penjelajahan Jelajah Museum

Menjelajahi museum, kata siapa enggak asyik? Museum-museum di kawasan Kota Tua, Jakarta Kota, asyik untuk dijelajahi, lho! Kita bisa berangkat pagi-pagi naik bus Trans Jakarta turun di Halte Stasiun Kota atau naik kereta api turun di Stasiun Kota. Lalu, berjalan kaki dari museum ke museum. Yuk, kita bikin petualangan sehari menjelajahi museum! Siap? Go!


Pos 1 : Museum Bank Mandiri
Zaman dulu belum ada handphone. Lalu, bentuk teleponnya seperti apa, ya? Kita bisa melihatnya di sini. Selain telepon tua, kita bisa juga melihat peralatan hitung dan mesin ketik tua. Ada juga mesin ATM dari masa ke masa. Sama enggak, ya, dengan mesin ATM yang sekarang?

Pos 2 : Museum Bank Indonesia
Museum enggak selalu kuno, kok. Cobalah mampir ke Museum Bank Indonesia ini! Kita enggak hanya bisa belajar sejarah. untuk melihat perkembangan bank dari zaman dulu sampai sekarang, kita bisa memakai perlengkapan multimedia. Kita juga bisa nonton film. Ada kios buku dan cenderamata juga. Kalau mau baca-baca, ruang perpustakaan juga ada!

Pos 3 : Museum Sejarah Jakarta
Museum Sejarah Jakarta terkenal juga sebagai Museum Fatahillah atau Museum Batavia. Museum ini dulunya balai kota di zaman pemerintahan Belanda. Kalau mau melihat perkembangan Jakarta dari masa ke masa, di sini tempatnya. Zaman belum ada video game, meja bisa jadi tempat permainan. Permainan apa, ya? Jawabannya ada di sini. Begitu masuk ke ruang zaman Jakarta Masa Kini, kita akan disambut sepasang ondel-ondel. Masih ingat kendaraan bernama becak? Ada juga di sini! Mau tahu, tempat yang paling bikin penasaran? Penjara bawah tanah!

Pos 4 : Museum Wayang
Pingin bertemu dengan boneka Unyil dan teman-temannya? Mereka ada di Museum Wayang. Selain koleksi wayang dan gamelan Indonesia, ada juga boneka-boneka dari luar negeri. Kita bisa melihat Wayang Polandia, Wayang Boneka Punch dan Judy dari Inggris, serta wayang-wayang cantik dari Rusia. Di waktu-waktu tertentu, sering diadakan pertunjukan wayang di sini.

Pos 5 : Museum Seni Rupa dan Keramik
Nah, buat teman-teman yang hobi menggambar, museum ini bisa jadi tempat asyik untuk dikunjungi. Ada lukisan-lukisan keren karya para pelukis terkenal di Indonesia, seperti Raden Saleh, Affandi, dan Basuki Abdullah. Koleksi-koleksi keramik dari berbagai negara juga banyak. Paling banyak sih, koleksi keramik Cina zaman Dinasti Ming.

Pos Bonus : Ojek Sepeda
Capek berjalan-jalan di museum? Gimana kalau berkeliling sambil duduk di boncengan sepeda yang empuk? Di kawasan Kota Tua ini, banyak ojek sepeda yang bisa kita sewa. Harganya tergantung waktu atau jarak. Dengan membayar 20.000 rupiah, kita bisa menikmati pemandangan di Kota Tua. Petualangan pun semakin asyik! (Vero)

***
sumber : Majalah Bobo edisi 11 terbit 19 Juni 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar