Minggu, 05 Juli 2015

Chocolate Hills mirip Chocolate Chips

Bayangkan sebuah es krim yang buesaaar sekali dengan topping chocolate chips! Yummy...! Nah, kalau kita pergi ke pulau Bohol di Filipina kita akan melihatnya. Hmm... sllrrff!


Chocolate Hills

Ada daratan seluas 50 kilometer persegi di Pulau Bohol, Filipina. Luasnya kira-kira sama dengan 6.000 kali luas lapangan bola. Ada sekitar 1.286 - 1.776 bukit berwarna cokelat tengkurap di atasnya. Tingginya rata-rata antara 30 hingga 50 meter. Meskipun, ada juga yang tingginya sampai 120 meter. Daerah inilah yang dimaksud dengan "es krim raksasa bertabur chocolate chips". Ia merupakan daerah wisata yang dikenal dengan nama Chocolate Hills atau Bukit Cokelat.

Bukit itu merupakan tanah berkapur yang tertutup oleh rumput hijau. Di musim panas, rumput itu meranggas, berubah warnanya menjadi cokelat. Itulah sebabnya bukit ini diberi nama Bukit Cokelat.

Menurut ahli geologi, bukit-bukit di Chocolate Hills terbentuk akibat letusan gunung berapi yang memuntahkan batu-batu raksasa. Batu-batu itu kemudian tertutup oleh kapur dan ditumbuhi rumput. Sementara gunung apinya sendiri akhirnya mati. Perkiraan kedua, bukit-bukit terbentuk dari sisa-sisa dasar laut yang terangkat oleh cuaca hujan dan angin.

Legenda Raksasa

Lain cerita para ahli, lain cerita legenda.

Menurut sebuah legenda, bukit-bukit itu adalah bekas pertempuran dua raksasa yang bermusuhan dan saling melempar batu, pasir, dan kerikil.

Legenda lain mengatakan bukit itu merupakan air mata raksasa yang mengering. Raksasa itu menangisi kematian wanita yang dicintainya.

Legenda lain lagi bercerita tentang raksasa yang membuang semua makanannya. Raksasa itu ingin menguruskan badannya agar wanita bernama Eng tertarik kepadanya. Sisa makanan itu mengering menjadi bukit-bukit. Iih, ada-ada saja ya cerita legenda. (aan)



***
Sumber : Majalah Bobo edisi 34 terbit 2 Desember 2010.
foto-foto : uniqspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar