Kamis, 07 Maret 2013

Awas, Mendadak Pingsan!

Girls, mungkin kita pernah melihat teman yang mendadak pingsan saat berolahraga, mengikuti upacara, atau kegiatan Pramuka. Kenapa ya, bisa  mendadak pingsan?
 
Pingsan atau sinkop adalah kondisi hilangnya kesadaran yang mendadak dan biasanya berlangsung singkat. Hal itu terjadi karena aliran darah yang membawa oksigen ke otak berkurang.

Penyebab pingsan bermacam-macam, antara lain tidak sarapan, menurunnya tekanan darah, aktivitas fisik yang berat, pendarahan hebat, berdiri lama saat cuaca panas, atau karena adanya gangguan pada jantung kita. Selain itu, berkurangnya sel darah merah (anemia) dan kadar gula darah yang rendah (hipoglikemia), juga bisa menjadi penyebab pingsan.

Gejala yang sering dirasakan sebelum pingsan, biasanya adalah tubuh gemetar, jantung berdebar, kepala pusing, mata berkunang-kunang, serta keluar keringat dingin. Beberapa saat kemudian, tubuh pun terasa lemas dan kesadaran menurun. Pada saat itu, wajah pun akan terlihat pucat.

Agar tidak pingsan 
 
Nah, kalau suatu saat jantung kita berdebar, mata berkunang-kunang dan gelap, segeralah kita gerakkan tungkai atau kaki sambil batuk-batuk kecil. Bila belum pulih dan malah keluar keringat dingin serta kepala terasa melayang, langsung saja kita duduk sambil mencondongkan kepala ke depan dan meletakkannya di antara kedua lutut. Atau, bisa juga kita berbaring dengan tungkai dinaikkan agar posisinya lebih tinggi dari kepala. Cara ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga  dalam waktu singkat akan pulih kembali.

Menolong orang pingsan  
 
Bila di sekitar kita ada orang yang pingsan, sebaiknya segera lakukan langkah-langkah berikut ini :
  • Longgarkan pakaian di sekitar leher maupun perut, agar pernafasan dan aliran darah menjadi lancar
  • Ubah posisi kaki menjadi lebih tinggi dari kepala
  • Hindarkan penderita dari kerumunan orang, agar mendapat cukup udara segar untuk bernafas
  • Kompres keningnya dengan air dingin (kompres dingin) atau beri bau-bauan yang menyengat (misalnya minyak kayu putih) di depan hidungnya
  • Kalau penderita sudah sadar, sebaiknya baringkan di tempat sejuk dan tenang selama kurang lebih 10 - 15 menit
  • Beri minuman hangat dan manis (teh manis hangat)
  • Bila penderita tak kunjung sadar, sebaiknya segera bawa ke rumah sakit agar mendapat pertolongan dari dokter. 

Teks: Tina /GIRLS    Ilustrasi : Hanif/GIRLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar